Copywriting untuk jualan
Jadi salah Satu Skill Digital Marketing Paling Top, Apa Itu Copywriting?
Tayang 18 Okt 2021 - Dibaca 12 mnt
Nadiyah Rahmalia
Engineering graduate with expertise in content writing and SEO; an aspiring digital/content marketer striving to create and share meaningful works.
Isi Artikel
Apa Itu Copywriting?
ciri Copywriting yang Menarik
Skill yg diperlukan buat Copywriting
absolut kamu sudah menyadari bahwa copywriting ialah skill yang sangat poly dicari oleh berbagai perusahaan.
menjadi bagian dari dunia marketing, lapangan kerja dengan skill tersebut diperkirakan akan terus berkembang sebanyak 7,6% hingga tahun 2026.
Meskipun data ini dihimpun oleh Career Explorer sesuai populasi di Alaihi Salam, kebutuhan copywriter yang tangguh pada Indonesia pula tidak diragukan lagi sangat poly.
Skill menulis kalimat-kalimat menarik sinkron audiens bukanlah hal praktis serta tidak semua orang bisa melakukannya.
sang sebab itu, masih ada banyak kesempatan buat berkarier menjadi penulis menggunakan skill copywriting.
Nah, jika kamu senang menulis serta tertarik buat membuatkan skill ini, ayo, simak penerangan lengkapnya dari Glints di bawah ini!
Apa Itu Copywriting?
copywriting merupakan
© Freepik.com
ayo, mulai asal memahami definisi dari copywriting itu sendiri.
Mengutip The Balance Small Business, copywriting adalah skill menulis materi marketing buat produk, layanan, serta campaign lainnya.
Tujuan dari goresan pena ini artinya buat mendorong audiens buat melakukan sebuah aksi yg diinginkan, seperti melakukan pembelian, mendaftar, melakukan subscription, klik, dan lain-lain.
dari Quicksprout, skill ini merupakan fondasi berasal content marketing yg sangat penting.
menggunakan copy yg tepat serta menarik, konversi akan lebih poly terjadi.
Semakin poly konversi, maka bisnismu akan semakin berkembang jua.
pada era serba digital ini, bisnis akan cenderung sulit berkembang tanpa penulisan copy yg efektif dan menarik.
Baca pula: Hati-hati, lima Kesalahan Ini seringkali Terjadi pada Copywriting
karakteristik Copywriting yg Menarik
1. Merubah perspektif
Pesan marketing yang biasa-biasa saja sudah pasti membuat audiens bosan.
waktu dihadapkan oleh goresan pena yang membosankan, tentu engkau tidak akan memperhatikannya, kan?
Nah, copywriting yg baik artinya yang bisa membuat pembaca tidak menyangka bahwa mereka sedang membaca suatu pesan marketing.
Lihat misalnya pada bawah ini.
© Hubspot.com
Mengutip Hubspot, iklan tadi sedang membicarakan ihwal pentingnya postpartum depression, atau depresi pascamelahirkan.
Alih-alih memaksa pembaca untuk membaca perihal apa itu postpartum depression, iklan ini eksklusif menghasilkan kita paham kesulitan yang dialami sang para ibu yang baru melahirkan.
Selain gambar yang memang pribadi menarik perhatian, copy di iklan tadi pula sangat efektif serta kentara.
dua. bisa menghubungkan poly hal
Gambar pada bawah ini adalah contoh iklan buat sepatu lari.
© Hubspot.com
Penulisnya tidak perlu secara eksplisit menyatakan bahwa mereka sedang menjual sepatu lari menggunakan aneka macam kelebihan.
Copy tadi tersusun asal istilah “run” yg diulang-ulang serta dikaitkan menggunakan beberapa hal lainnya, seperti lari berasal rutinitas, ketakutan, komitmen, dan selanjutnya.
akan tetapi, beliau menggunakan kata-istilah menarik dan mengemasnya jadi hal yang relatable buat pembacanya.
tiga. membentuk ingin terus membaca
karakteristik lain dari copywriting yg menarik adalah yg membuat pembaca ingin memahami lebih lanjut.
dengan begitu, mereka akan terus membaca.
Lihatlah contoh di bawah ini.
© Urbandaddy.com
ketika kamu melihat kalimat pertama yaitu “There are 8.700 hours in a year“, mungkin engkau akan penasaran.
Memangnya kenapa jika ada 8.700 jam dalam setahun?
Selanjutnya, iklan tersebut berkata bahwa hanya terdapat satu jam dari 8.700 jam pada mana mereka akan memberikan latkes gratis pada Harvard Square.
Jenaka serta menarik, ya?
Pembaca pun tak terlalu merasa sedang disodorkan iklan serta justru merasa terhibur.
Bahkan, terdapat info menarik yang mungkin tidak diketahui semua orang, yaitu terdapat 8.700 jam pada satu tahun.
4. Paham audiens
Copywriting menarik tiba dari pemahaman yg baik ihwal audiensnya.
sang sebab itu, perlu dilakukan poly riset sebelum merumuskan sebuah copy.
contoh di bawah ini merupakan bagaimana copy mampu membentuk audiens tertarik buat menjadi pelanggan, melakukan pembeli, dan sebagainya.
© Hubspot.com
Gym ini sudah mengetahui bahwa orang-orang tidak menyukai kontrak membership gym yang rumit, khususnya buat pembatalan.
Copy ini pribadi saja mengungkapkan bahwa di gym mereka tidak ada peraturan yg menyulitkan pelanggannya serta mereka bisa membatalkan membership kapan saja.
Pasalnya, ini adalah unique selling proposition yg perlu ditonjolkan bisnisnya.
5. tidak banyak slogan dan hiperbola
Copy yg menarik tidak wajib poly memuat jargon serta berlebihan.
acapkali kali copy yg sederhana juga sudah cukup menarik asal tujuan utamanya jelas dan praktis dipahami.
Inilah contoh copywriting yg sederhana akan tetapi tetap berhasil menggaet banyak pelanggan.
Baca jua: 6 Teknik Copywriting yang Baik buat kamu Coba!
Skill yg diharapkan buat Copywriting
copywriting
© Freepik.com
1. Kepenulisan
sebab copywriting merupakan pekerjaan yg sangat melibatkan tulis-menulis, tentu saja kamu wajib bisa menulis menggunakan baik.
Bukan sekadar menulis, namun sahih-benar mengetahui struktur bahasa yg baik dan benar, tahu bagaimana caranya memadukan kata, serta membentuk copy–copy yang memikat pembaca.
seseorang copywriter harus mempunyai standar kemampuan menulis yg pada atas homogen-rata.
Mungkin ini terdengar tidak praktis.
akan tetapi, tenang, skill menulis tentunya mampu diasah dengan terus berlatih serta mencari poly surat keterangan.
2. tepat ketika
Proyek-proyek copywriting tentu memiliki batas ketika eksklusif.
Bila ingin menjadi seseorang copywriter profesional, engkau harus bisa selalu menuntaskan tugas-tugasmu tepat ketika.
Berarti, engkau wajib bisa bekerja dengan efektif.
goresan pena yg didapatkan permanen wajib bagus serta sinkron menggunakan kebutuhan perusahaan.
Jika belum terbiasa, hal ini akan membuatmu merasa stress.
akan tetapi, Bila terus berlatih, absolut lama kelamaan kamu akan dapat beradaptasi menggunakan profesi yang butuh serba cepat ini.
3. Riset
Research skill atau kemampuan melakukan riset yang seksama ialah keliru satu modal buat membuat copy yg mengagumkan.
tidak jarang engkau akan berhadapan menggunakan topik yg belum kamu pahami sepenuhnya.
sang sebab itu, diharapkan riset buat menerima surat keterangan yang relatif tentang hal tersebut.
4. SEO
karena adalah bagian asal digital marketing, copywriting pula tak lepas asal SEO.
tulisan yang kamu buat sebagai copywriter idealnya sinkron dengan kaidah-kaidah SEO agar bisa membawa hasil yang diinginkan perusahaan.
Paling tak, pahami bagaimana mencari serta memakai keyword tertentu untuk copy yg dibuat.
lima. Kreativitas
Tanpa kreativitas, menghasilkan copy yg unik akan sulit.
jika merasa belum kreatif, bukan berarti kamu tidak mampu mengasah skill ini, lho!
sebagai profesional, krusial buat menganut growth mindset di mana engkau yakin bahwa semua skill bisa dipelajari.
sang karena itu, menggunakan terus memperkaya surat keterangan serta berlatih, pasti kamu akan semakin kreatif dalam menulis.
Baca jua: 5 Tips Copywriting dengan Teknik Persuasi dan misalnya
Itulah seluk beluk copywriting yg seringkali dicari-cari skill-nya pada kandidat oleh berbagai industri di era digital ini.
Bila ingin sebagai seorang copywriter, skill yg mumpuni saja tidak cukup.
engkau juga perlu mempunyai portofolio yg rapi agar meyakinkan rekruter.
Glints punya, lho, artikel tentang portofolio copywriter.
asal sana, kamu bisa belajar bagaimana membuatnya buat bersaing dengan kandidat-kandidat lainnya.
Klik tombol pada bawah ini buat membaca artikelnya, ya!
Komentar
Posting Komentar