Strategi Email Marketing
di zaman ini, Anda perlu memakai email dalam upaya pemasaran Anda buat mempromosikan produk dan layanan bisnis, serta mendorong loyalitas pelanggan. Email marketing artinya bentuk pemasaran yg bisa membentuk pelanggan berada di daftar email Anda sehingga mereka dapat mengetahui produk baru, diskon , serta layanan lainnya. Ini jua mampu menjadi penjualan yang lebih lembut buat mendidik audiens Anda tentang nilai merk Anda atau membuat mereka permanen terlibat dan melakukan pembelian.
ketika Anda ingin menyebarkan brand atau menjual produk Anda, email marketing merupakan salah satu strategi yg paling populer serta efektif buat melaksanakan kampanye pemasaran digital. dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana email marketing dan penggunaan email untuk tujuan promosi bisa membantu Anda mengembangkan bisnis. Kami pula akan memberi Anda beberapa saran buat membantu Anda memulai kampanye pemasaran email yg sukses.
Baca jua: Apa Itu Viral Marketing?
Apa Itu Email Marketing?
Email marketing ialah saluran pemasaran yang kuat, sebuah bentuk pemasaran pribadi serta pemasaran digital, yang memakai email buat mempromosikan produk atau layanan usaha Anda. taktik ini bisa membantu menghasilkan pelanggan Anda buat mengetahui item atau penawaran terbaru Anda dengan mengintegrasikannya ke dalam upaya otomatisasi pemasaran Anda. Ini juga dapat memainkan kiprah penting pada taktik pemasaran Anda menggunakan memperoleh prospek, brand awareness, membentuk korelasi, atau menjaga pelanggan tetap terlibat pada antara pembelian melalui aneka macam jenis email yg sudah dikirimkan.
Email pertama kali dikirim di tahun 1971 sang seseorang insinyur personal komputer bernama Ray Tomlinson. Pesan yang dia kirimkan hanyalah rangkaian angka dan huruf, namun itu artinya sebuah awal berasal era baru komunikasi. Tomlinson jua orang yang memperkenalkan penggunaan simbol "@" di alamat email.
pada tahun 1978, seseorang manajer pemasaran di Digital Equipment Corp bernama Gary Thuerk menggunakan metode baru komunikasi langsung ini untuk mengirimkan email komersial pertama buat memberi memahami orang-orang tentang produk baru. Daftar emailnya hanya memiliki 400 alamat, tetapi email yang beliau kirim membentuk penjualan sejumlah miliaran rupiah pada saat itu.
pada tahun 90-an, internet sudah tersedia secara komersial buat umum . Cara orang berkomunikasi satu sama lain mulai berubah secara dramatis, dan pemasar menemukan bahwa email mampu menjadi cara yg efektif buat beriklan.
Cara Kerja Email Marketing
Sangat mudah buat menyiapkan dan melacak kampanye email marketing yg membuatnya bisa diakses oleh bisnis mungil sekalipun. Anda bisa menambahkan opsi registrasi bulletin atau newsletter ke situs web Anda, contohnya. ketika orang-orang mendaftar, Anda dapat mengirim buletin tersebut ke audiens yang terus bertambah. Anda pula bisa mengarahkan pelanggan ke buletin tadi asal profil media sosial Anda.
Buletin reguler adalah cara yang sederhana serta efektif buat mengirim pembaruan wacana perusahaan Anda, acara mendatang, serta penawaran khusus. Email jua memudahkan penjadwalan email promosi otomatis buat pelanggan yang belum membeli atau berinteraksi lebih jauh dengan produk Anda.
Email marketing membantu Anda buat menargetkan kelompok pelanggan eksklusif atau bahkan individu tertentu. menawarkan penawaran khusus pada pelanggan individu buat barang dagangan atau layanan adalah galat satu cara buat melakukan ini.
Sebuah restoran, contohnya, mungkin mengirim email ke pelanggan di hari ulang tahun mereka dengan menunjukkan bonus 50% buat sajian eksklusif. Personalisasi semacam ini membantu usaha berbagi serta memelihara korelasi dengan pelanggan, serta hal itu bisa mengarah di peningkatan penjualan serta loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.
Manfaat Email Marketing
Email telah menjadi alat pemasaran yang terkenal buat usaha, sebagian sebab "memaksa" pengguna buat melakukan suatu tindakan; sebuah email akan berada pada kotak masuk hingga dibaca, dihapus, atau diarsipkan. namun, email juga artinya salah satu alat paling hemat biaya yg tersedia. Faktanya, sebuah studi tahun 2015 oleh Direct Marketing Association (DMA) yg berbasis di Inggris menemukan bahwa buat setiap Rp14.000 yg dibelanjakan, email mempunyai Return Of Investment (ROI) rata-rata sebanyak Rp537.000.
Komentar