Cara menjalankan google ads
Situasinya layaknya ini.
Katakan kalian mempunyai modal pas-pasan untuk promo website. Kalian mempunyai pilihan…
1. Membeli backlink dan endorse ke social bookmarking yang perlu dana tak sedikit, plus buang-buang sementara melalui guest blog, promo via forum, tukar link, submit ke bermacam web site direktori, atau melakukan perihal kurang perlu lain.
2. Atau, lumayan mengeluarkan Rp. 100 ribu untuk Google Ads (nominal minimal yang dipatok Google sementara ini) lalu membuahkan Rp. 1 juta, plus bisa paket lengkap juga jaminan safe sebab langsung dipegang Google sendiri.
Menurut kalian, mana solusi terbaik?
Opsi kedua, mengetahui lebih menarik perhatian (tentunya tidak semudah itu, sebab hanya ilustrasi saja)
Kenapa? Baiklah, ini sangat sederhana. Karena web site akan cepat berkembang jikalau kenakan Google Ads.
Sekitar 40% pengeluaran untuk pemasaran digital di 2017 digunakan untuk membayar Google Ads, dan prosentase ini barangkali besar naik. Begitu bunyi jurnal Wall Street.
Bahkan, jikalau diadu bersama dengan teknik SEO paling baik sekalipun, Google Ads senantiasa unggul.
SEO ditambah konten memiliki kwalitas efeknya sesungguhnya dahsyat, dan merupakan langkah paling baik untuk mengakibatkan web site tersedia di halaman satu untuk jangka lama. Tapi itu perlu waktu, juga kesabaran ekstra.
Belajar SEO, Apa Itu SEO, Pengertian dan Dasar SEO
Google Ads berfungsi sebaliknya.
Kalian bisa mengakibatkan web site tersedia di halaman pertama hasil pencarian hanya di dalam hitungan satu jam, lebih-lebih bisa kurang.
Google Ads mirip sekali beda bersama dengan type iklan lain, dan kalian hanya perlu membayar bersama dengan langkah bidding (lelang). Ini yang menarik berasal dari Google Ads. Tak tersedia hasil, tak tersedia klik, kalian tak perlu bayar biaya iklan. Sesederhana itu!
Tapi sebelum jauh melebar, mari kembali ke bagian dasar.
Mudahnya, Google Ads yakni jaringan iklan punya Google yang amat mungkin kalian menampilkan iklan di halaman SERP (Search Engine Result Page), YouTube, aplikasi Google, juga tempat lain yang mempunyai afiliasi bersama dengan Google.
adwords jadi google ads, langkah pakai google ads, sumber : Umumnya, iklan yang tampil di laman SERP berada di atas atau bawah hasil pencarian.
Tapi sebab tempat penampil iklan terbatas, maka diberlakukan proses bidding, di mana pemberi bid tertinggi barangkali besar bisa prioritas. Meski tak selalu.
Begitu iklan kalian tampil lalu bisa klik, kalian baru ditagih biaya jasa iklan.
Itu sebabnya, banyak yang menilai Google Ads sebagai streategi pemasaran online paling efisien sementara ini.
Bahkan menurut Google sendiri, keuntungan minimal yang didapat yakni dua kali lipat berasal dari modal. Jika dibikin perbandingan yakni 2:1, di mana 2 adalah profit dan 1 adalah modal.
Ingat, ini hanya profit minimal!
Ada satu fakta menarik yang perlu kalian tahu.
Bahwa, Google menyukai nama besar di laman hasil pencariannya. Dalam arti berikan prioritas keluar di laman awal untuk web site besar. Kecuali kalian mempunyai nama besar, akan sangat ada masalah menggeser pemain lama berasal dari susunan peringkat hasil pencarian.
Google Ads bisa jadi jalan pintas.
Kalian tak perlu tunggu lama hingga web site sangat jadi, mengakibatkan banyak konten super, juga tunggu backlink organik tumbuh, untuk bisa di nomer satu.
Segera buat Google Ads, dan kalian bisa melompat ke peringkat pertama tanpa perlu lewat semua tahapan melelahkan tersebut.
Kalian barangkali penasaran, apa yang mengakibatkan Google Ads begitu efektif?
Analogi tersebut bisa menjawabnya.
Hasil pencarian, langkah pakai google ads, sumber : google.com Asumsikan tersedia tiga hasil pencarian paling atas berasal dari kata kunci ‘beli mobil murah’, yakni Belimobilgue, Olx, dan Otomart. Karena tersedia di alur 1-3, tersedia kesempatan besar kalian menentukan keliru satu, lalu membeli mobil berasal dari sini.
Tapi, cobalah hilangkan iklan tersebut dan menyaksikan hasil pencarian organik.
hasil pencarian organic, langkah pakai google ads, sumber : google Baik Belimobilgue maupun Otomart, dua produk ini tak keluar di laman awal pencarian, lebih-lebih di bagian atas. Hanya OLX yang masih keluar di laman awal.
Tanpa Google Ads, Belimobilgue dan Otomart tak akan mempunyai kesempatan mendapat pesanan mobil berasal dari kalian. Dengan Google Ads, kedua produk tersebut tersedia di opsi pertama kalian.
Kasarannya, melalui Google Ads kalian seolah diperbolehkan mencurangi sistem.
Kalian bisa mendapat posisi pertama bersama dengan kata kunci punya nilai tinggi yang pada mulanya kalian hanya bisa berharap, lalu mengambil alih semua keuntungan yang bisa didapat pemegang posisi pertama.
Kalian tak perlu menggunakan sementara berbulan lamanya untuk bisa posisi bagus berasal dari satu keyword, dan mengharap semua berlangsung lancar.
Ini sebabnya kenapa Google Ads begitu efisien dan banyak dipilih, ditambah mempunyai banyak keunggulan.
Google Ads dinilai sebagai alat pemasaran paling tangguh sementara ini.
Tapi apa yang mengakibatkan Google Ads begitu luar biasa? Di bawah adalah jawaban sekaligus alasan kenapa kalian akan berkenan membayar Google Ads untuk kepentingan pemasaran.
#1. Target presisi
Dengan bermacam opsi target yang disediakan, kalian bisa menegaskan jikalau iklan bisa tampil secara spesifik.
Sumber : Kalian bisa menghambat opsi konsumen yang ditarget berdasar kata kunci, lokasi, umur, dan lainnya. Bahkan, kalian juga bisa menentukan di hari apa iklan akan tayang. Misalnya iklan hanya tampil di hari Senin hingga Jumat menjadi jam 08.00-16.00 WIB supaya meminimalkan pengeluaran.
Ini bisa jadi semacam keuntungan sendiri untuk usaha lokal. Bagimana tidak, belajar menyatakan jikalau 50% pengguna smartphone akan datang ke toko di dalam jangka sementara satu hari sesudah menyaksikan iklan di Google.
#2. Menyasar perangkat tertentu
Dari update terakhir Google Ads, tersedia satu fitur unggulan yang berikan keleluasaan pengiklan untuk menentukan tempat di mana iklan akan tampil.
Misalnya, kalian bisa menampilkan iklan hanya di desktop, tablet, atau perangkat tertentu lain. Bahkan kalian bisa menyasar proses operasi tertentu, apabila android, iOS, juga windows.
Bisa digunakan untuk perangkat apapun, langkah pakai google ads, sumber : techtrickseo.com Fitur lain berbentuk bid adjustment, secara otomatis mengakibatkan bid kalian menyesuaikan tempat penampil iklan.
Satu tip, menyaksikan dulu tingkat konversi dan knowledge ecommerce di Analytics.
#3. Membayar sementara tersedia hasilnya
Inilah kelebihan utama berasal dari memasang iklan di Google Ads yang paling populer.
Tak layaknya type iklan online lain (yang hanya menayangkan saja), Google Ads menayangkan iklan berdasarkan kata kunci yang diketik di pencarian. Semisal iklan kalian diklik, kalian baru ditarik biaya.
Bayar dikala tersedia orang yang meng klik iklan kalian, sumber : Model iklan semacam ini masuk type pay per click (PPC), sebagian menyebut biaya per click (CPC).
Lewat proses semacam ini, kalian hanya akan membayar sementara pengunjung sudah tiba di landing page web site kalian melalui redirect iklan yang sudah di klik.
#4. Landing page
Inilah laman web site di mana link iklan kalian akan dialihkan (redirect).
Landing page merupakan laman tertentu yang didesain secara tertentu untuk satu tujuan.
Landing page yang bagus urgent untuk berhasil tidaknya Google Ads. Komposisi desain landing page yang mumpuni dan teroptimasi bersama dengan baik bisa menolong tingkat konversi pengunjung jadi konsumen.
Itu sebabnya, landing page yang kalian buat perlu bisa memenuhi apa yang kalian janjikan, terfokus di satu tujuan, mobile friendly, juga mempunyai unsur call to action (CTA).
Terasa agak rumit bukan?
Tapi, mari kami dalami dulu bagaimana langkah kerja Google Ads.
Cara Menggunakan Google Ads dan Cara kerjanya
Untuk bisa meraup segudang manfaat yang ditawarkan Google Ads, kalian perlu mengetahui tentang proses bidding keyword.
Cara Kerja Dari Google Ads:
1. # Seting Google Ads
2. # Proses bidding
3. # Quality score
Yang perlu kalian tahu, Google Ads merupakan platform iklan PPC paling populer. Artinya, kalian perlu membayar untuk tiap tiap klik berasal dari traffic yang diarahkan ke web site kalian.
Tapi beriklan di Google Ads tak akan semudah menyebutkan “Saya akan membayar XXX untuk tiap klik”.
Tidak!
Alasannya, bukan hanya kalian yang mengharap klik berasal dari pengguna Google. Dan untuk menegaskan iklan kalian terlihat, kalian perlu bid bersama dengan sesama kompetitor.
Masalahnya adalah, lelang berasal dari Google beda bersama dengan proses lelang lain. Selain soal uang, Google juga memasukkan unsur relevansi dan mutu sebagai perhitungan.
Untuk pertama, kami bahas dulu tentang langkah menyesuaikan Google Ads sebelum kalian berlanjut ke proses bidding.
#1. Seting Google Ads
Langkah 1: Login
Langsung saja menuju web site formal Google Ads. Jika belum punya, kalian perlu daftar dulu. Tak perlu kuatir, hanya perlu sebagian menit untuk mendaftar.
Begitu kalian sudah mengisi detil yang dibutuhkan, kalian akan langsung diarahkan untuk mengakibatkan iklan pertama.
Dari laman ini kalian bisa menyesuaikan budget, target audiens, menentukan besaran bid, lalu menulis iklan.
Langkah 2: Mengatur budget
Menentukan budget juga susah-susah gampang. Kalian perlu bisa menyesuaikan budget harian untuk menegaskan tak melebihi batas pengeluaran.
mengatur budget yang akan kamu pakai di dalam iklan, sumber : Cara paling baik untuk mengetahui budget harian yakni bersama dengan menyaksikan kuantitas pengunjung di landing page yang bisa dikonversi jadi konsumen. Tapi jikalau kalian baru menjadi pertama, pakai kuantitas kebanyakan saja.
Masalahnya adalah, hanya tersedia 2.35% pengunjung yang melakukan aksi (membeli jikalau landing page dimaksudkan untuk jualan, misalnya) sesudah mendarat di landing page.
Di titik ini, landing page jadi kunci berhasil tidaknya iklan yang kalian buat.
Itu sebabnya, landing page perlu kalian buat se-elok barangkali dan semanis mungkin.
Kalian bisa lanjut ke langkah tersebut jikalau sudah menentukan budget, tapi jangan lupa simpan dulu pengaturan ini.
Langkah 3: Memilih target audiens
Dari sini, kalian bisa menentukan target audiens berdasarkan lokasi.
Fitur ini akan menegaskan jikalau iklan kalian akan tampil hanya untuk pengguna di wilayah tertentu yang melakukan pencarian pakai keyword yang kalian bid.
Kalian lebih-lebih bisa menyesuaikan lebih tertentu lagi, apabila ‘radius targeting’ yang memudahkan kalian untuk menarget tempat sebagian kilometer berasal dari titik kode pos tertentu.
Kalian juga bisa menyesuaikan harga bid berasal dari radius yang ditarget. Misalnya, kalian berani bid tinggi untuk radius 10 km, tapi bid rendah untuk radius di atas 30 km.
Langkah 4: Memilih jaringan (network)
Ada dua pilihan jaringan yang di sediakan Google, yakni search network dan display network.
search network, sumber : Pengertiannya, search network akan memasang iklan kalian di laman SERP, sedang display network akan menampilkan iklan kalian di web site mana saja yang berafiliasi bersama dengan Google.
Jika kalian pemula atau cakupan usaha masih kecil, sangat direkomendasi untuk menentukan search network sebab akan menampilkan iklan yang tertentu bersama dengan keyword yang relevan.
Display network, sumber : adleg.com Sedang display network paling tepat dipakai untuk retargeting, branding, juga lebih rendah CPC. Tapi, display network tak berorientasi terhadap keyword yang spesifik.
Langkah 5: Memilih keyword
Untuk pertama, Google hanya mengijinkan kalian menentukan keyword untuk mengakibatkan iklan supaya keluar di laman SERP. Tapi di lain sementara kalian bisa menambah, jadi jangan kuatir.
Sangat direkomendasi supaya kalian menentukan keyword yang nantinya bisa berikan hasil pasti, daripada menentukan 20 keyword tapi tak relevan.
lakukan pencarian kw yang effective di google keyword planner Perhatikan juga volume pencarian keyword yang kalian pilih. Mungkin kalian tertarik keyword bersama dengan volume pencarian 450.000, tapi ini masih tinggi dan bukan gagasan yang bagus.
Sekedar mengingatkan, Google Ads kenakan proses bidding. Jadi keyword bersama dengan volume pencarian tinggi kebanyakan mempunyai harga bid mahal. Intinya, menentukan banyak keyword atau menentukan satu keyword bersama dengan volume pencarian tinggi bisa menguras mengisi kantong kalian.
Anggap kalian sudah memilih, tersedia empat opsi bagaimana iklan kalian tampil berdasarkan keyword.
Broad match: Tipe ini merupakan wujud default berasal dari Google Ads. Menurut Google, broad match akan menampilkan iklan sementara tersedia pencarian bersama dengan frasa yang berdekatan dan variasi keyword yang relevan juga sinonim, keliru ketik, wujud tunggal dan jamak.
Jenis ini bisa menjangkau target yang lebih luas, tapi ini sekaligus jadi kelemahannya sebab iklan bisa keluar kapan saja meski keyword pencarian tak relevan.
Misal, sementara mengetik ‘Makan malam di jakarta’, tersedia kesempatan iklan yang tampil ‘Pizza di Jakarta’.
Broad match modifier: Kalian bisa mengontrol iklan jikalau menentukan type ini bersama dengan menambah lambang ‘+’ tepat di awal keyword.
Contoh mudah, perumpamaan kalian bid untuk ‘+Makan malam di jakarta’, hasil pencarian tak akan dulu membangkitkan ‘Pizza di Jakarta’.
Phrase match: Jenis ini tawarkan kontrol lebih untuk kalian. Memilih phrase match, iklan kalian hanya tampil sementara tersedia pencarian bersama dengan keyword yang sama.
Artinya, jikalau kalian menentukan ‘Makan malam di Jakarta’, iklan kalian tak akan keluar di dalam wujud lain layaknya ‘Jakarta makan malam’.
Exact match: Seperti namanya, iklan kalian hanya keluar sementara tersedia yang melacak bersama dengan keyword identik.
Semisal keyword kalian ‘Makan malam di jakarta’, iklan tak akan keluar untuk hasil pencarian ‘Daftar tempat makan malam di Jakarta’.
Kami sudah dulu membahasnya lengkap di artikel kami pada mulanya berjudul :Panduan Lengkap Cara Riset Kata Kunci untuk Optimalkan SEO Website, silakan kunjungi untuk lebih menguasai.
#2. Proses bidding
Bukan, bukan layaknya itu!
Bidding di Google Ads bukan bermakna kalian perlu duduk lama di rumah lelang mendengar John Giannandrea (Kepala divisi pencarian Google) berteriak mengumumkan harga keyword. Lelang keyword Google prosesnya sangat efisien daripada itu.
Proses bidding di google ads, sumber : Mudahnya, kalian tinggal menentukan keyword untuk mengakibatkan iklan dan masukkan harga maksimal yang menginginkan kalian bayarkan untuk satu klik.
Semisal kalian berikan bid di satu keyword yang mirip bersama dengan kompetitor, tapi kalian berkenan bayar lebih untuk satu klik, iklan kalian akan dinilai lebih tinggi berasal dari kompetitor lain.
Saat tersedia yang kenakan keyword yang kalian pilih, Google akan membandingkan semua bid di satu keyword dan menentukan keyword bersama dengan bid tertinggi plus relevansi iklan.
Ada dua langkah bidding yang bisa kalian ambil.
Pertama, biarkan Google yang menyesuaikan nilai bid untuk memaksimalkan pengembalian budget kalian. Atau yang kedua, kalian bisa menyesuaikan bid secara manual tapi akan lebih rumit. Dengan catatan kalian berkenan riset kenakan keyword planner berasal dari Google.
Tapi, bid tinggi bukan satu-satunya penilaian sementara Google menginginkan menampilkan iklan di laman SERP. Google akan menilai seberapa bagus iklan, landing page, dan quality score.
#3. Quality score
Google akan menyaksikan bagaimana performa iklan kalian, lalu kenakan Info ini untuk menentukan apakah iklan layak ditampilkan di laman pencarian atau tidak.
Lewat sebagian aspek berikut, Google menilai quality score di tiap keyword yang kalian pilih.
Landing page relevance: mengukur relevan tidaknya keyword yang kalian menentukan bersama dengan konten yang tersedia di landing page.
Expected click-through-ratio: kecenderungan pengguna Google untuk klik iklan sesudah melakukan pencarian bersama dengan keyword yang kalian ambil.
Ad relevance: merupakan jalinan relevansi antara keyword dan mengisi postingan di iklan.
Kalian bisa menyaksikan quality score berasal dari tiap keyword bersama dengan menambah kolom ‘quality score’ di bawah tab keyword di dalam account Google Ads.
Quality score tak hanya menolong posisi iklan, tapi juga sementara proses bidding dan besaran bayaran tiap klik.
Seperti ini misalnya.
Pengiklan A mempunyai quality score 10 dan maksimal bid adalah Rp. 20.000, supaya bid efektifnya adalah Rp. 200 ribu. (Google tak dulu berikan penjelasan tentang harga maksimal tiap bid, jadi ini hanya cuman perumpamaan supaya kalian ringan mengetahui tentang jalinan maksimal bid dan quality score yang mempunyai dampak ke peringkat iklan).
Pengiklan B berikan bid Rp. 40.000 supaya mengalahkan pengiklan A sebab harga bid kecil. Tapi, pengiklan B mempunyai quality score 4, maka bid efektifnya yakni Rp. 160 ribu.
Hasilnya, pengiklan A lebih superior berasal dari pengiklan B dan membayar lebih sedikit untuk tiap klik daripada pengiklan B.
Ini semua bisa berlangsung sebab quality score.
Kalau dibikin kesimpulan…
Google Ads merupakan raja berasal dari segala wujud platform pemasaran online. Juga, merupakan langkah paling ampuh untuk menjangkau konsumen baru, khususnya untuk usaha skala kecil.
Tapi, jikalau tak dipakai secara bijak, platform ini justru jadi semacam senjata makan tuan. Mungkin menguras habis dana pemasaran, atau tak berikan dampak terhadap return of investment (ROI). Bukannya menguntungkan, yang tersedia justru buat kantong jebol.
Apalagi tingkat persaingan di Google Ads makin lama ramai sesak, jadi perlu untuk menyesuaikan iklan supaya senantiasa tersedia di peringkat atas.
Kunci utama untuk memaksimalkan Google Ads yakni bersama dengan menguji dan mengoptimasi iklan secara berkala supaya performanya senantiasa sesuai harapan.
Sebelum kami lanjut ke materi berikutnya, mari pelajari materi sebelum ini :
Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) dan Kegunaannya Untuk Marketing
Belajar Search Engine Marketing (SEM) sebagai proses untuk memperoleh lalu lintas web site (traffic) bersama dengan langkah membeli spot iklan di mesin pencari (search engine) lengkap bersama dengan trik terbaiknya